SUP IKAN ASAM



Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
Sup ikan asam ini saya buat minggu lalu, gara-garanya ngiler dengan buatan mbakyu Anita hihihi. Kebetulan kami lagi shaum, jadi kebayang kalau buka dengan sup ikan yang seger pastinya enak banget. Akhirnya saya niatin deh pagi-pagi pergi ke pasar untuk beli ikan segar, pengennya sih saya pakai tuna atau tongkol atau cakalang. Ternyataaa sampai di pasar, ikan yang saya pengen lagi kosong dan yang ada malah ikan dorang yang seger-seger. Sebenarnya saat itu kebayang dorang bakar kecap yang super lezat, tapi kan lagi pengen sup ikan nih. Ya wis laah saya tetap beli dorang dan diniatin untuk bikin sup ikan nan seger hihihi.

Sebenarnya untuk membuat sup ikan ini, bisa pakai ikan apa aja asal berdaging tebal. Menurut saya memang lebih enak memakai ikan laut segar, saya kurang suka sup ikan yang memakai ikan air tawar. Ada juga yang bilang, ikan kan amis kalau dibikin sup apa gak tambah amis ya. Naaah makanya dibuat yang seger-seger kaya gini, jadi gak terasa amis lho. Dagingnya juga jadi tambah lembut, pokoknya menurut saya mah enak banget hihihi.




Untuk membuat sup ikan ini bisa dengan berbagai resep ya, sudah beberapa kali juga saya posting di blog. Kalau yang ini resep super simple banget tapi rasanya tetap enak. Kalau pingin bikin yang ala Manado, bisa bikin ikan kuah asang, mirip-mirip kok sebenarnya. Kalau punya belimbing wuluh, bisa dipakai juga ya untuk gantinya tomat hijau. Untuk memperkuat rasa asamnya, saya pakai air jeruk nipis. Masya Allah ....seger bangeet.

Resep berikut gak pakai takaran pasti ya, saya juga cuma cemplang cemplung aja masaknya, trus dicicipi hingga sesuai selera. Masaknya enak dadakan sesaat sebelum dimakan, kan bikinnya juga cepat. 

SUP IKAN ASAM

Bahan :
Ikan berdaging tebal, berduri besar, misalnya tongkol, tuna, cakalang, saya pakai dorang
Bawang merah, iris tipis
Bawang putih, iris tipis
Cabe merah besar, iris
Cabe hijau besar, iris
Cabe rawit utuh
Tomat hijau atau bisa juga pakai belimbing wuluh
Serai, memarkan
Lengkuas, memarkan
Air jeruk nipis
Garam dan gula pasir
Daun kemangi
Air secukupnya

Cara Membuat :
1. Lumuri ikan yang sudah dipotong-potong dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit.
2. Didihkan air, masukkan serai, lengkuas, bawang merah, bawang putih, irisan cabe merah dan hijau serta cabai rawit.
3. Masukkan potongan ikan, garam dan gula pasir. Masak hingga mendidih lagi, jangan terlalu sering diaduk ya agar ikan tidak hancur.
4. Menjelang diangkat, masukkan tomat hijau, daun kemangi dan air jeruk nipis. Masak lagi sebentar.
5. Angkat dan sajikan.




Masya Allah....nikmat sekali untuk menu ifthar, buat menu makan siang juga syedaaap. Anak-anak saya juga suka sup ikan yang segar kaya gini ini. Monggo dicobain, semoga sesuai dengan selera keluarga ya.

Eh yaaa mumpung ingat, Alhamdulillah di bulan Juli ini sudah terbit buku kumpulan resep saya yang berjudul "100+ Resep Andalan Dapur Bunda Nina" . Buku tersebut berisi resep kue dan masakan yang pernah saya posting di IG dan blog serta beberapa resep baru. Saya berharap buku sederhana tersebut bisa bermanfaat ya. Untuk info selengkapnya, nanti akan saya posting lagi. 

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Me, just an ordinary mom. This is my little story from my kitchen. Simple recipe...simple cooking and baking ‘cause I’m only a beginner who want to share.

Bagikan Resep ini kepada orang terdekatmu

Related Posts

Previous
Next Post »